Petualangan Sun GoKong di Menara Cermin (Bagian 1)

Leave a comment

30/12/2012 by Ng William

Kesuksesan novel Xi You Ji (Journey To The West) melahirkan banyak sequel & fill in tak resmi, namun diantaranya hanya novel berjudul Xi You Bu yang terbilang sukses. Dibarat novel ini diterjemahkan sbg Tower of Myriad Mirror / Suplement to Journey to the West & walaupun masih kalah jauh dibanding Xi You ji namun Xi You Bu banyak dipuji berkat ide2nya yang orisinil & terbilang sangat modern untuk jamanya (novel ini ditulis pada dinasti Ming) seperti konsep perjalanan waktu & dimensi lain.

 

Setelah berduel dengan Gu Mo Ong (siluman kerbau) dan memadamkan api digunung penggorengan menggunakan kipas palem milik putri kipas besi, biksu Tong dan murid2nya kembali melanjutkan perjalanan ke Barat untuk mengambil kitab suci. Sesampainya disebuah kebun bunga nan indah muncullah sekwanan bocah yang mengganggu & menarik2 jubah sutra biksu Tong. “Hai botak kau kan biksu jadi apa gunanya jubah penemis ini, ayo lebih baik berikan saja pada kami biar bisa dibuat main.” celetuk seorang bocah.

Melihat kenakalan anak2 itu sang biksu hanya memejamkan matanya seraya berkata “Amithaba, dosa, dosa..”, sebaliknya Sun GoKong yang pemarah tidak bisa menahan dirinya lagi & langsung mengejar sambil memukuli anak2 itu hingga ahirnya mereka tewas semua.

79231189

Sun GoKong mengahajr bocah2 nakal

“Celaka, dulu saja aku pernah diusir gara2 membunuh 6 penyamun…kali ini bagaimana lagi guruku akan menghukumku” katanya dengan penuh penyesalan didepan jenazah bocah2 itu.

Namun betapa leganya GoKong ketika mendapati guru & saudara2nya ternyata sedang asik tidur dan tidak mengetahui perbuatannya, diapun kemudian memutuskan untuk pergi mencari makanan saja. Saat sedang terbang berputar2 GoKong melewati sebuah istana yang nampaknya sedang mengadakan upacra kenegaraan. “Dengan ini kami mengangkat kaisar ke 38 dari dinasti Tang” demikian terdengar pengumuman dari istana itu yang tentu saja langsung membuat Go Kong garuk2 kepala.

“Dinasti Tang? Apakah kami tersasar dan secara tak sengaja kembali ke China? Apalagi guruku adalah saudara angkat kaisar ke-2 dinasti Tang, jadi biarpun mereka ganti kaisar setahun sekalipun harusnya belum sampai ke yang 38. Baiklah sekarang aku kelangit saja untuk menanyakannya,”

Sesampainya di langit GoKong menemukan suasananya berbeda sekali dari biasanya karena tidak nampak para dewa yang berseliwean dan pintu gerbangnya pun ditutup. “Hei buka, bukaaa Aku punya sesuatu yang harus didiskusikan dengan para dewa.” Serunya sambil mengggedor2 gerbang.

 

46827891

Gerbang langit terkuci rapat & tak terlihat seorang dewapun yang berseliweran

Tiba2 terdengarlah jawaban dari balik gerbang “Maaf istana langit sedang direnovasi, jadi kembalilah kesini kalau sudah selesai.”

“Hah memangnya berapa lama selesaiya?”

“Yaa paling 500 tahun lagi juga selesai, ini semua gara2 si kera busuk Sun GoKong itu sehingga istana langit jadi hancur berantakan begini.”

Mendengarnya GoKong pun langsung naik pitam, “Sembarangan Akulah Sun GoKong dan sudah 500 tahun Aku tidak mengacau disini, sekarang cepat buka gerbangnya Aku ingin minta penjelasan dari si tua kaisar langit itu,” Teriaknya seraya menendang gerbang langit.

“Hah kaukah Sun GoKong itu? Wah kalau begitu kau lebih2 tidak boleh masuk lagi.” Saut suara dari balik gerbang ketakutan. GoKong terus memaki & memukuli gerbang langit, namun karena tidak ada yang menyaut diapun jadi capek sendiri dan akhirnya memutuskan untuk kembali ketempat gurunya saja.

Dalam perjalanan kembali ketempat gurunya, Go Kong melihat sekumpulan pekerja yang sedang berusaha menjebol sebuah tembok yang sangat panjang. Para pekerja itu lalu menjelaskan bahwa raja negara tetangga sangat takut ketika mendengar Sun GoKong yang 500 tahun lalu pernah mengacau kayangan akan melewati negaranya untuk mengawal gurunya ke Barat, sehingga membangun sebuah tembok yang sangat kokoh & panjang agar biksu Tong dkk. tidak bisa melewati negaranya. Untungnya raja negara ini yang bernama Xiao YueWang adalah seorang penganut Budha yang taat dan bersimpati dengan misi biksu Tong sehingga dia memerintahkan rakyatnya untuk melubangi tembok besar itu, sayang dalam usahanya itu para pekerja malah tidak sengaja menebang batang langit sehingga merobohkan istana langit (dan inilah alasan kenapa tadi gerbang langit ditutup & para dewanya menuduh Sun GoKong sebagai biang kekacauan).

Para pekerja menjelaskan keberadaan biksu Tong

Para pekerja menjelaskan keberadaan biksu Tong

Para pekerja itu lalu melanjutkan bahwa saat ini biksu Tong dkk. sedang dijamu di istana Xiao YueWang. GoKong pun segera pamit dan melesat keistana Xiao YueWang.
Istana Xiao YueWang ternyata adalah sebuah menara pencakar langit yang sangat megah, namun anehnya didalamnya tidak ada meja, kursi atau perabotan rumah tangga lain dan yang ada hanya cermin, cermin dan cermin. Ditembok, dilantai, dilangit2 dan pokoknya dimana saja. Uniknya lagi cermin ini ternyata bukan cermin biasa namun semacam televisi waktu yang menayangakan adegan2 dari masa lalu & masa depan. Belum hilang rasa herannya tiba2 “SYUUUUUT” sekonyong2 GoKong sudah terhisap kedalam sebuah cermin dan terlempar kedimensi lain.

20474802

Sun GoKong terjebak dimenara cermin

“BLUGH!” GoKong mendapati dirinya terjatuh disebuah istana yang bertuliskan “ISTANA RAJA PENAKLUK XIANG YU”, diapun segera merubah dirinya menjadi seekor lalat untuk mencari informasi dari penjaga yang sedang berpatroli. Setelah menguping sebentar dia mendengar bahwa diistana itu tersimpan sebuah lonceng ajaib yang bisa membuka hutan & gunung. “Menarik sekali dengan lonceng itu perjalanku kebarat pasti akan jadi lebih cepat & mudah.” Pikirnya girang sambil pergi ke tempat lonceng itu disimpan.

Ternyata tempat milik Xiang Yu sangat ramai & dipenuhi wanita cantik sehingga membuat GoKong bingung bagaimana caranya masuk tanpa diketahui. Akhrinya diapun mendapat ide dan merubah dirinya menjadi selir yang paling cantik, yaitu selir Yu.

Betapa kagetnya selir Yu yang asli ketika melihat seorang wanita yang wajah dan pakaiannya persis dengannya, diapun berteriak “Siluman darimana kau berani menyamar sebagai diriku!”

“Eeee, kau sendiri yang siluman dari mana!” balas Gokong tidak mau kalah.

Sedang seru2nya kedua selir itu berdebat dan jambak2an, tiba2 datanglah Xiang Yu yang langsung bengong melihat pemandangan didepannya.

“Paduka lihat siluman rubah ini menyamar sebagai Aku & malah menuduhku sebagai siluman. Untungnya paduka cerdas dan bermata dewa jadi pasti bisa membedakan mana yang siluman.” rengek GoKong seraya menghambur ke pelukan Xiang Yu. Gilanya ternyata Xiang Yu mempercayai selir jadi2an itu dan segera menghunus goloknya untuk menebas selir yang asli hingga badannya terpotong jadi dua.

Gokong melongo melihat ketololan Xiang Yu, namun belum hilang rasa kagetnya tiba2 Xiang Yu sudah berusaha memeluk dan menciuminya sehingga membuatnya panik setengah mati karena mulut Xiang Yu ternyata bau sekali. Sekonyong2 munculah portal yang kembali menarik GoKong kemenara cermin dan sekaligus menyelamatkannya hingga tidak jadi dinodai oleh Xiang Yu.

Baru saja kembali kemenara cermin GoKong yang masih berwujud selir Yu sudah kembali terhisap kedalam cermin lainnya & terdampar disebuah gunung yang sangat dikenalnya. “Hei inikan tempat aku diusir guru gara2 membunuh 6 orang penyamun, andai saja mereka masih hidup & melihatku dalam wujud begini mereka pasti akan…..”

Belum selesai gumamannya tiba2 terdengrlah suara kasar yang sangat dikenalnya “Hei nona manis daripada melacur lebih baik godain kita dong.” Suara itu ternyata berasal dari 6 penyamun yang pernah dibunuhnya¬†dan entah bagaimana caranya bisa hidup kembali. Belum hilang keheranannya tiba2 seorang penyamun sudah memeluknya dan berusaha memperkosanya hingga membuat GoKong cepat2 merubah dirinya kewujud aslinya.

72085037

Para penyamun menggoda selir Yu gadungan

“Dasar siluman monyet homo, beraninya kau menyamar sebagai wanita cantik untuk menggodaku!” Jerit si penyamun kaget sambil buru2 melepaskan pelukannya .

“Phoeei justru kaulah yang seenaknya memelukku, tenyata kalian memang tidak ada tobat2nya ya!”Teriak GoKong seraya menerkam ke arah 6 penyamun yang hanya bisa terbengong2 melihatnya. Dalam waktu singkat saja GoKong sudah berhasil menghabisi ke 6 penyamun itu (untuk ke-2 kalinya). Tiba-tiba munculah sebuah portal diangkasa yang menyedotnya dan membawanya kembali ke menara cermin.

(1) Xiang Yu yg dikenal sebagai penakluk terbesar di China, dia seorang jendral legendaris yang berhasil menggulingkan kekuasaan dinasti Qin.
(2) GoKong pernah 2 kali diusir gurunya, yang pertama adalah saat dijebak siluman tengkorak putih & yang kedua saat dia membunuh 6 penyamun yang hendak merampok gurunya.

bersambung ke bagian-2

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2012
M T W T F S S
« Apr   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: