Mawas Diri dari Sebuah Fana dalam Fanatisme

Leave a comment

24/08/2014 by Ng William

Fanatisme adalah sebuah paham yang membuat anda menyukai sesuatu secara berlebihan, dimana anda tidak akan mendengarkan opini orang-orang yang beranggapan bertentangan tentang hal yang anda sukai, dan akan menutup mata akan segala hal buruk dari hal yang anda sukai.

“Celakah lah orang-orang yang tidak sadar dengan batas kadar dirinya sendiri.”

image

Sangatlah buruk jika anda fanatik terhadap suatu hal dan tidak bisa melihat segala hal dengan jernih, ketika anda menjadi seorang fanatis, efek yang anda terima akan sama dengan orang yang sedang jatuh cinta, mengagung-agungkan orang yang anda cintai dan segala hal yang ia lakukan terlihat sangat menarik dilihat, begitu sebaliknya, segala hal buruk tentang ia akan dengan secara otomatis anda tidak permasalahkan.

Tenang, itu bukan salah anda jika anda berusaha menutup mata tentang segala hal buruk jika anda sedang kasmaran fanatis, karena itu cukup normal.
Tapi, anda harus sadar diri dengan ke-fanatisan anda terhadap sesuatu, anda harus tahu batasan.

Kenapa saya menyebut bahwa buta karena fanatis itu normal?
“ketika ada 9 orang yang mengatakan 2+2=22, maka 1 orang yang mengatakan 2+2=4 itu sakit jiwa.”

image

Maka karena itu, ketika anda termasuk di sekelompok orang-orang fanatis yang sedang berjalan, anda harus membuat keputusan untuk berhenti sejenak dan membiarkan yang lainnya berjalan terus, ini adalah kesempatan untuk berpikir jernih.
Lihat sekeliling anda, apakah semuanya sudah benar seperti sedianya? Jika tidak, anda perlu cuci muka dan kembali kerumah anda untuk tidur dan menyiapkan diri untuk esok yang lebih baik.
Jika Ya, anda perlu mengikuti sekelompok tadi kembali agar tidak tertinggal, jangan lupa untuk berhenti sesekali dan melihat sekitar kembali agar semuanya tetap benar seperti sedia kala.

Cara diatas bukan untuk membuktikan bahwa fanatisme anda terhadap sesuatu itu sebuah kekeliruan, tetapi untuk membuktikan apakah fanatisme anda terhadap sesuatu itu sedang menutupi sebuah kekeliruan.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2014
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: