Berpikir Radikal

Leave a comment

05/12/2014 by Ng William

Radikal dalam Bahasa Indonesia memiliki arti (1) menginginkan perubahan secepatnya; atau (2) maju dalam berpikir dan bertindak.

image

Maju dalam berpikir bukan melulu berarti berpikir inovatif dan revolusioner, tetapi juga dapat berarti sesuatu yang berbeda, yang berlawanan dengan apa yang dipikir orang secara umumnya.

Berpikir radikal (dalam pandangan saya) adalah selalu mengambil sisi positif, hikmah dalam sebuah masalah atau sesuatu yang mengganggu pikiran anda.

Contohnya, kita selalu mematikan alarm setiap paginya dan selalu kesal dengan hal tersebut, karena kita masih merasa ngantuk, tetapi…
“Mematikan alarm setiap pagi berarti menandakan bahwa kita masih hidup.”

Selalu melihat segala hal dalam sudut pandang yang berbeda secara umumnya, contoh kecil lainnya:

“Harus selalu membayar pajak setiap bulan menandakan kita memiliki pekerjaan.”

“Pakaian/celana yang sudah kekecilan berarti kita mendapatkan cukup makan.”

“Semua orang terus ngedumel tentang pemerintahan menandakan kita memiliki kebebasan dalam berbicara.”

—-

“Mendengar celotehan, fitnah, dan makian orang-orang terhadap anda menandakan anda masih memiliki kuping untuk mendengarkan, anda masih memiliki perasaan, dan anda masih memiliki nafas untuk hidup dan mendengar hal-hal tersebut.”

image

Karena jika seseorang sudah meninggal, orang tersebut sudah tidak eksis dan hanya menjadi sebuah memori bagi orang-orang  yang masih hidup, hanya itu.
Dan ketika semua orang-orang yang memiliki memori tentang anda juga sudah meninggal, apa yang anda tinggalkan sekarang? Tidak ada.

Pahit memang, tapi itulah hidup dan arti seseorang hidup.
Triliunan orang yang pernah eksis (hidup) di bumi selama ini, ada berapa sekian nol koma persen yang anda kenal? Dan yang membedakan satu orang dengan lainnya adalah, ada berapa sekian nol koma persen yang mengenal anda?

Teruslah berpikir radikal, penuhi hidup anda dengan berdoa yang berisi hal-hal yang positif, terus bersyukur atas semua-mua hal yang anda miliki sekarang ini, baik atau buruk pasti semua ada hal positifnya.
Jangan melulu berdoa tapi yang berisi keluhan dan hanya meminta saja.

Karena dengan berpikir radikal seperti yang saya katakan tadi dan senantiasa bersyukur secara tidak langsung akan membuat pola pikir kita lebih tenang dan lebih banyak berpikir sesuatu yang positif-nya.

Dan sekali lagi, jika anda berpikir radikal tentang tulisan ini, dan anda masih bisa membaca kalimat terakhir tulisan ini, itu berarti, selamat, anda masih hidup.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2014
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: