Etnis Jomon

Leave a comment

18/01/2015 by Ng William

Penyebaran bangsa-bangsa awal Asia Timur dari daratan Cina ke beberapa daerah di utara dan selatan, membentuk beberapa banyak jenis etnis.

Saat menyebut Asia Timur, muka oriental lah yang akan terlintas di benak kita. Mereka disebut etnis Han di Cina, etnis Yamato di Jepang, dan seluruh daratan Korea di isi oleh etnis ini. Tetapi, lain cerita jika di Cina ada beberapa etnis selain etnis Han, yaitu etnis Uyghur yang mengisi daratan Barat Cina.

uyghurs-people-xinjiang

Etnis Uyghur secara umum adalah keturunan tercampur antara orang-orang dari timur Cina dengan orang-orang dari barat tengah seperti Turkmenistan, Kazakhstan, Uzbekistan dan sekitarnya.

Sedangkan di Jepang selain orang-orang Yamato, ada juga orang-orang dari Suku Ainu yang secara bentuk fisik sudah berbeda dengan orang-orang dengan muka oriental (Yamato, atau Yayoi) di Jepang.

ainu

Ainuss

ainu2

Suku Ainu dikenal sebagai ‘black japanese’. Dibanding etnis Yayaoi, orang-orang Ainu memiliki kulit lebih gelap dan lebih banyak (lebat) bulu dibadannya. Suku Ainu termasuk dari Etnis Jomon, yang berasal dari paling ujung utara Asia sebelah timur. Meski memiliki beberapa kemiripan dengan kaukasian, tetapi menurut penelitian, secara genetika Etnis Jomon lebih ke Proto-Mongoloid daripada Kaukasian, ddilihat dari sidik jari dan susunan giginya.

Pada tahun 1970, antropolog Arnold Henry Savage Landor menggambarkan Ainu sebagai ras yang memiliki mata cekung dan bentuk mata khas Eropa, dengan kening besar dan menonjol, telinga yang besar, berbulu dan rentan terhadap kebotakan,hidung agak pipih dengan lubang hidung besar dan luas, tulang pipi menonjol, mulut besar dan bibir tebal dan wilayah panjang dari hidung ke mulut dan dagu kecil.

Pria Ainu memiliki rambut bergelombang dan sering memiliki jenggot panjang. Buku “Ainu life and legends” karangan Kyosuke Kindaichi (diterbitkan oleh Dewan Pariwisata Jepang pada tahun 1942) berisi deskripsi fisik Ainu: Banyak dari mereka memiliki rambut bergelombang, tetapi beberapa memiliki rambut hitam lurus. Sangat sedikit dari mereka memiliki rambut kecoklatan bergelombang. Kulit mereka umumnya dilaporkan coklat muda. Tapi fakta mengatakan bahwa mereka kerja di laut dan angin asin sepanjang hari. Orang-orang tua yang telah lama pensiun dari pekerjaan di outdoor sering ditemukan menjadi putih seperti orang barat. Ainu memiliki wajah yang luas, alis beetling, dan mata cekung besar, yang umumnya horisontal dan disebut tipe Eropa. Mata dari jenis Mongolia hampir tidak ditemukan di antara mereka.

Kurang lebih tulisan mengenai Suku Ainu menggambarkan seperti apa itu etnis Jomon, etnis Jomon tersebar di banyak tempat sekarang ini, meski tidak banyak ditemukan. Paling banyak ditemukan di Jepang.

img_2-036

Jika anda keturunan Asia Timur, apakah anda pernah menyadari ternyata muka orang Asia Timur memiliki dua jenis?

Di Korea, orang Jomon hampir tidak ada, karena memang dasarnya orang-orang Korea murni Yayoi (nama lainnya: Han, Yamato atau Mongolia). Di Cina juga tidak banyak orang-orang Jomon. Sedangkan di Jepang, terjadi campuran silang antara orang-orang Yayoi sendiri (yang bisa berasal dari Cina daratan, maupun dari Korea) dengan orang-orang Jomon, yang entah darimana asal datangnya (beberapa sumber mengatakan dari sekitar antara barat laut Asia dan barat daya Rusia).

Orang keturunan jomon sendiri jamak di Jepang, tidak sulit ditemukan.

0018_l

Mutsu Munemitsu

Akiyama Saneyuki

Akiyama Saneyuki

Akiyama Yoshifuru

Akiyama Yoshifuru

Akiyama Yoshifuru saat muda dikirim ke Perancis untuk belajar militer oleh negaranya, ia sering dikira orang asing daripada orang Jepang karena ciri-ciri fisiknya.

Ia adalah kakak dari Akiyama Saneyuki.

Togo Heihachiro

Togo Heihachiro

Prince Arisugawa Takehito

Prince Arisugawa Takehito

Prince_takehito_as_admiral-1

Prince Arisugawa Takehito as admiral

 

Apakah mereka semua terlihat ‘oriental’? Mereka adalah orang-orang jomon.

Di Jepang sendiri, orang-orang jomon juga mudah di temui dan dikenali, cari saja di google untuk membuktikan.

Rindu menulis tulisan berbobot, sangat.

 

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2015
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: