Pertama Rasa, Lalu Kenangan, Lalu Hilang

Leave a comment

19/04/2016 by Ng William

Saat lagi dengerin lagu band Phoenix, tiba-tiba keinget sama banyak kenangan-kenangan pas jaman pertama kali dengerin lagu-lagu band ini.

Sengsara di dunia, setiap manusia hidup dengan kenangan-kenangannya masing-masing, dan saya sendiri masih ingat sekolah yang saya kunjungi pas TK, game-game yang saya maininin di rumah pas kecil, teman-teman saya pas saya SD dulu, kegilaan dan  bercandaan saat SMP dulu, kenakalan dan proses mencari jati diri saat SMA dulu, dan masa-masa kegelapan setelah itu, semua masih terkenang.

image

Ada saatnya beberapa tahun kedepan kita akan melihat hal-hal yang kita lakukan di masa-masa sekarang akan menjadi kenangan saat kita mengingat dan menengok kebakang, ke masa ini nantinya. (Itupun kalau diberi umur ya)

Semua cerita yang pernah saya baca, semua film, serial, kartun yang saya tonton, semua game yang saya mainkan, semua teman ataupun orang-orang yang pernah saya kenal, semua tempat yang saya kunjungi, semuanya menyimpan kenangan dan rasa tersendiri. Tentu ada kenangan dan rasa yang baik yang senang untuk dipikirkan, tapi begitu juga sebaliknya.

Semua hal-hal tersebut akan menyenangkan jika kita ingat-ingat kembali nantinya, membawa kita bernostalgia, mebuat kita kangen, tapi semua hal tersebut tidak akan terasa sama jika kita lakukan lagi sekarang. Hal-hal tersebut hanya membawa kenangan kita kembali tapi tidak dengan rasa yang dahulu kita rasakan.

Saat kita melakukan hal-hal tersebut sekarang, rasanya berbeda, rasanya bukan ini yang kita rasakan dulu, rasanya lain, tidak biasa, dan hambar. Mungkin masih menyenangkan tapi tidak akan pernah sama, rasanya lain. Dan akan rugi sekali jika kita ingin mengganti hal-hal yang dulu ‘rasanya’ menyenangkan sekali dan hanya terjadi sekali menjadi hanya ‘menyenangkan’ dan bisa kita lakukan berkali-berkali.

image

Ingat dengan game yang paling menyenangkan yang pernah anda mainkan dahulu? Ingat dan kenang semuanya, rasakan rasanya, pasti berbeda ketika anda memainkannya lagi.

Kadang jadi ingat dengan kartun-kartun yang menyenangkan yang mengisi hari-hari masa kecil kita, rasanya kita ingin memberikan anak kita atau anak kecil lainnya untuk merasakan apa yang dahulu kita rasakan, tapi mau gimana, jaman kita dan jaman dia sudah berubah. Kenangan dan rasa yang kita miliki hanya milik kita, tak bisa dibagi, tak bisa diperlihatkan, hanya bisa diceritakan.

image

Setiap cerita seru yang kita baca, setiap film bagus yang kita tonton, setiap tempat menyenangkan yang kita kunjungi, setiap orang yang terkasihi yang kita kenal, semua hal yang pernah kita lakukan selama hidup kita hanya akan menjadi kenangan bagi diri kita, sudah tak ada rasa lagi didalamnya, karena setiap rasa pasti tertinggal, karena kita berjalan terus setiap harinya, akhirnya setiap rasa yang dahulu pasti hanya bisa kita terka-terka rasanya.

Ketika hanya tersisa kenangan yang kita punya dipikiran kita, kita akan mengingat dan mengenangnya sekali-sekali, tetapi saat kita meninggal nanti, semua akan sirna, jangankan rasa, kenangan saja sudah tak ada lagi, semua menghilang beserta hilangnya keabsahan raga kita di dunia.

image

Semua yang kita rasakan sekarang, persis seperti saat anda membaca tulisan ini, suatu hari, semuanya akan hilang, tak bisa disimpan, tidak bisa dibagi, tidak bisa dilihat. Anak cucu anda pun suatu hari tidak tahu siapa diri anda, nama anda, kapan anda lahir, dimana anda lahir, cerita paling anda sukai, novel terbaik yang pernah anda baca, film yang paling membekas didiri anda, tempat paling anda sukai, orang yang paling anda cintai. Suatu hari mereka semua tidak tahu itu, anak cucu anda sekalipun.

Jangankan rasa anda, kenangan anda, identitas anda pun akan terlupakan suatu hari.
Selama umat manusia ada, entah sudah berapa ratus milyar identitas manusia yang terlupakan, kenangan mereka yang terlupakan dan rasa mereka yang terlupakan.

Hidup hanya membawa duka dan sengsara pada akhirnya.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2016
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
%d bloggers like this: